Beli Kopi Untuk China Skip to main content

Translate

Beli Kopi Untuk China

Beli Kopi Untuk China

(In English language Buy Coffee for China)

Negara-negara pengekspor kopi berkompetisi dengan keras.  Masing-masing mereka selalu mengupayakan untuk selalu berada di peringkat teratas demi devisa dan kesejahteraan masyaratnya.  Mereka menggunakan beberapa instrument seperti kebijakan tarif dan non-tarif.  Masing-masing mereka selalu mencari pasar potensial seperti China. Indonesia sedang berada pada jalur untuk meningkatkan market kopi Indonesia di internal dan eksternal negara-negara ASEAN.  Indonesia optimis mampu meningkatkan sumbangan pasarnya karena kopi Indonesia bertumbuh dengan baik. 

Sekarang ini China merupakan salah satu target pasar biji kopi mentah (green bean) Indonesia.  Nilai ekspor biji kopi mentah ke China sebanyak USD 2,3 Juta pada tahun 2009, dan meningkat pada tahun 2010.  Tentu saja adalah bijaksana untuk menduga bahwa nilai ekspor biji kopi mentah Indonesia meningkat pula pada tahun 2011 karena pasar China yang potensial tersebut.  Agar ekspor tersebut memberikan laba yang lebih banyak lagi maka marilah kita dengan seksama mempelajari sistem perdagangan internasional yang sesungguhnya mudah terutama nilai tukar atau forex atau foreign ekspor. 

Dengan penduduk 1,3 miliar, China merupakan market yang luar biasa besar potensinya.  Saat ini konsumsi kopi China sangat rendah yakni sekitar 0,02 kg per kapita per tahun, atau setara dengan 30.000 ton biji kopi hijau per tahun.  Konsumsi ini masih dapat ditingkatkan karena terjadinya perobahan kebiasaan konsumsi pada wirausahawan-wirausahawan China, para pemuda dan penduduk kota.  Mari kita asumsikan bahwa konsumsi penduduk China dalam 10 tahun yang akan datang setara dengan komsumsi kopi pada masyarakat Mongolia saat ini yakni 0,3 kg per kapita per tahun.  Ini berarti, konsumsi kopi pada masyarakat China meningkat 15 kali pada 10 tahun yang akan datang dibandingkan dengan konsumsi sekarang.  Akibatnya, kebutuhan China akan kopu dalam 10 tahun akan meningkat bertahap dari 30.000 to per tahun (2010) menjadi 450.000 ton per tahun (2020).  Oleh karena itu, China merupakan potensi pasar yang sangat luar biasa.  Ini pasar raksasa yang menjanjikan.  Namun demikian, Indonesia tidak boleh menganggap rendah tantangan dan ancaman ekspor kopi Indonesia ke China. 

Kata-kata bijak klasik masih ada : “Semut akan selalu pergi ke tempat gula”.  Pertanyaan : Akankah China menjadi “lahan gula” untuk biji kopi mentah Indonesia? Dan, bagaimana para pembeli (pengimpor) di Benua Amerika, Eropah, Australiada Asia akan mengantisipasi situasi tersebut?  Jawabannya : pastilah ada beberapa solusi yang saling menguntungkan.  Apa yang perlu dilakukan adalah : mari mencarinya. 



Gambar 1. Pasar kopi gabah di Kota Panguruan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara,

Postingan terkait: klik

Terima kasih.
Salam kopi, tanda C.

Dr. Ir. Sabam Malau

Most popular posts

Najat Vallaud-Belkacem

Najat Vallaud-Belkacem.  Jangan pernah malas bervisi besar dan bekerja keras. 20 tahun sebelumnya, Najat Vallaud-Belkacem merupakan penggembala domba di Maroko. Kemudian, ia menjadi Menteri Pendidikan di Prancis.


00. Akreditasi Universitas HKBP Nommensen Medan

Sertifikat Akreditasi Universitas HKBP Nommensen, Medan. Terakreditasi B. 



Sertifikat Akreditasi:

00. SertifikatAkreditasi Universitas HKBP Nommensen, Medan. 01.  SertifikatAkreditasi Program Studi (Prodi) Akuntasi 02.  Sertifikat Akreditasi Program Studi (Prodi) Manajemen 03.  Sertifikat Akreditasi Program Studi (Prodi) Ekonomi Pembangunan 04.  Sertifikat Akreditasi Program Studi (Prodi) Administrasi Perpajakan 05.  Sertifikat Akreditasi Program Studi (Prodi) Administrasi Bisnis 06.  Sertifikat Akreditasi Program Studi (Prodi) Administrasi Negara 07.  Sertifikat Akreditasi Program Studi (Prodi) Agroekoteknologi 08.  Sertifikat Akreditasi Program Studi (Prodi) Agribisnis 09.  Sertifikat Akreditasi Program Studi (Prodi) Teknologi Hasil Pertanian 10.  Sertifikat Akreditasi Program Studi (Prodi) Peternakan 11.  Sertifikat Akreditasi Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum 12.

Terjadi Doktorisasi di Nommensen

Terjadi Doktorisasi di Nommensen Medan.  Kualitas, keberlanjutan, dan berkat (Quality, Sutainability, and Blessing, disingkat QSB) merupakan tiga kata kunci (keywords) program pengembangan Nommensen. Kualitas diciptakan melalui - antara lain, penyekolahn dosen ke program Doktor (S3).  Dosen Nommensen bergelar Doktor sebanyak 49 orang (di dalam daftar 44 orang). Dosen Nommensen yang  sedang kuliah di program doktor berjumlah 58 orang (di dalam daftar 63 orang).  Itu data per akhir Mei 2018.  Sebahagian diantaranya sudah bergelar Professor. Pada saat ini (per Juni 2018),  30 orang dosen sedang mengikuti proses seleksi ke program doktor di berbagai universitas di dalam dan di luar negeri. Universitas HKBP Nommensen atau UHN atau Nommensen Medan terus menerus meningkatkan mutu dosennya melalui penyekolahan dosen ke program doktor.  Singkatnya, terjadi pen-doktor-an dosen (Doktorisasi) di Nommensen Medan.  Mari kuliah di Nommensen Medan.

Keberlanjutan diciptakan melalui - antara lain - pemb…

Alumni FE Nommensen termasuk orang terkaya di Indonesia

Hebatkah alumninya? Hebat. Sangat hebat. Tentu mereka bisa sangat hebat karena mahasiswanya hebat, dosen-dosennya hebat, dan sistem pembelajarannya hebat. Alumni FE UHN berkiprah di seluruh sektor kehidupan. Banyak diantara mereka bekerja sebagai PNS, TNI, POLRI, anggota DPR/DPRD, Bupati/Wabup, Walikota, Dosen, dan Staf Perusahaan.  Malah sangat banyak alumninya menjadi pengusaha sukses.  Salah satu alumni FE UHN adalah salah satu orang terkaya di Indonesia yakni Pak Martua Sitorus. Beliau menyumbang Gedung Fakultas Kedokteran Nommensen senilai Rp. 12 Milyar.  Itulah Fakultas Ekonomi (FE) Universitas HKBP Nommensen atau FE UHN atau FE Nommensen Medan yang berdiri pada tahun 1954.  Bravo FE Nommensen.  Seluruh program studinya terakreditasi B.  Mari kuliah di FE UHN.

Terima kasih bahwa Anda berkenan membagikan (share) laman (website) ini.
Salam Pro Deo et Patria,

Dr. Agr. Sc. Ir. Sabam Malau
Rektor
Juni 2018

Bacalah juga (klik):
Scholarships and study abroad? Nommensen takes care of it for yo…

Ecoscofas Coffee

Ecoscofas Coffee

Do you know that coffee can save the world? Coffee can deliver its best dedication to human being and the earth as well. You, me us and them are members and stakeholders of coffee world. Have you ever imagined that one small effort of yours can cause a terrific positive impact? Ecoscofas is the answer. Why? The following are explainations.    Ecoscofas is the abreviation of Ecofriendly and Sustainable Coffee Farming and Trading System.  The entire is named as Ecoscofas Coffee.


Ecoscofas Coffee back ground: There is existing strong image that coffee world is merely intended to be income generating activities without preventing on abiotic and biotic environment degradation.Based on that image, the coffee price on farmers level is too low.  For example, the trade systems don't take the land investation on account.  The current price level cannot give improvement on livehoods of coffee growers.  Remember that current price of 1 (one) kilogram of coffee bean  at coffee gr…

30--Perusahaan Asuransi

Asuransi (insurance) itu penting. Dalam hidup ini banyak kejadian yang bisa merugikan kita seperti kecelakan kerja, kecelakan transportasi, sakit, pencurian, kebakaran, kehilangan pekerjaan, dan penipuan.  Kita pasti tidak menginginkan kerugian tersebut.  Tetapi, bila itu terjadi, asuransi akan menangggung kerugian kita.  Ada asuransi jiwa, asuransi sosial, asuransi umum, ada asuransi wajib.  Berikut ini daftar perusahan asuransi yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 


Berikut ini beberapa contoh perusahaan asuransi.



Daftar Perusahaan Asuransi Jiwa, klik 12345678.
Daftar Perusahan Asuransi Sosial 1.
Daftar Perusahaan Asuransi Umum 12345678910.
Daftar Perusahaan Asuransi Wajib 1.
Bacalah juga informasi penting ini (klik):

LOWONGAN KERJA TERDEKAT  Butuh beasiswa Doktor (PhD)? Begini caranya... Fina Natalia Siahaan ke S2 Taiwan Scholarships and study abroad? Nommensen takes care of it for you. Beasiswa dan kuliah di Luar Neger? Nommensen mengurusnya untuk Anda. No…

Mahasiswa Baru Kedokteran Nommensen Medan Gelombang III

UANG Kembali SEMUA, peroleh Sertifikat TOEFL.

Uang Kembali 100%, Anda peroleh Sertifikat TOEFL. Begini caranya.
Terhitung mulai tahun 2018 PELAKSANAAN KELAS BARU Kursus TOEFL & PERSIAPAN BEASISWA TAIWAN & LPDP di Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan .... DIBUKA SETIAP HARI ...!!!SEHINGGA Para Peserta menikmati SISTEM BELAJAR PRIVATE dengan TUTOR secara Face to Face dalam membahas soal-soal TOEFL secara TUNTAS.
DOWNLOAD Formulir di uhn.ac.id. 
Ayo segera daftar ...!!! Hanya Rp. 100.000 (Seratus Ribu), Berlaku Sistem Deposit Untuk Internal UHN dan HKBP (Uang Kembali 100%, Rp.100.000 bila tidak pernah absen), dan Non-Deposit Untuk Umum (Luar UHN dan Non-HKBP).




Mengapa Memilih Kursus TOEFL di UHN:
• Universitas Swasta di Sumatera Utara yang alumninya PALING BANYAK meraih Beasiswa LPDP.
• Tenaga Pengajar adalah Lulusan Dalam dan Luar Negeri yang berpengalaman dalam mengajar TOEFL
• Tenaga Pengajar dievalusi langsung oleh peserta kursus setiap 4x pertemuan. Bila grade pengajar tidak mencapai 80 maka tenaga pengajar langsung diganti …

Pendidikan Magister (S2) melejitkan karir

Bisakah Pendidikan Magister (S2) melejitkan karir? Bisa. Intinya adalah bahwa seseorang yang mengikuti pendidikan magister akan mengalami peningkatan kemampuan akademis dan profesional sehingga ia akan semakin cakap dalam melaksanakan tugas/fungsi/pekerjaannya.  Itulah sebabnya, masa kerja pegawai yang berpendidikan magister telah diperpanjang.  Secara umum, orang yang berpendidikan magister akan memeroleh kesempatan yang semakin besar untuk memeroleh jenjang karir yang lebih baik.  Program Magister di Universitas HKBP Nommensen terdiri dari Program Studi (Prodi) Magister Manajemen (MM), (Prodi) Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPd), (Prodi) Magister Ilmu Administrasi (MIA), dan Magister Ilmu Hukum (Catatan: Izin Pendirian Prodi  Magister Ilmu Hukum sudah disetujui Pemerintah, dan kini sedang dalam proses penerbitan).  Semua Prodi sudah terakreditasi (MM terakreditasi B, MPd terakreditasi B, MIA terakreditasi C). Biaya  kuliah pun tidak mahal.  Rata-rata masa studi hanya 2,2 tahun.…